Tahukah Anda Usus dalam Perut Begitu Penting

Saturday, July 12, 20140 comments

Hasil riset menunjukkan bahwa 80% pertahanan tubuh berasal dari pencernaan (perut).
Mekanisme pertahanan tubuh garis terdepan dalam menghadapi serangan kuman (bakteri patogen) adalah sistem kekebalan atau immunitas. Usus bukan hanya berfungsi untuk penyerapan dan pencernaan makanan tetapi juga merupakan bagian dari sistem imun terbesar dalam tubuh yang mengatasi antigen dan zat berbahaya yang masuk. Usus selalu menghadapi menghadapi serangan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk melalui minuman dan makanan. Padahal menurut penelitian ternyata didalam tubuh manusia dari ujung kepala sampai ujung kaki, terdapat paling sedikit 100 trilliun bakteri.

Bakteri baik (positif) dan jahat (negatif) di dalam tubuh manusia tidak dapat dihindari keberadaannya didunia ini. Bakteri positif sering disebut PROBIOTIK, sedangkan Bakteri Negatif sering disebut PATOGEN. Bakteri hidup berdampingan dan akan saling mendesak manakala dukungan makanan berkurang. Probiotik bekerja memelihara keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan kita. Waktu tubuh manusia sakit probiotik akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui peningkatan kerja sel makrofag di dalam tubuh dan pelepasan antibodi.

Prinsip kerja Bakteri

  • Dengan memanfaatkan kemampuan mikroorganisme dalam menguraikan rantai panjang karbohidrat, protein dan lemak. Kemampuan ini diperoleh karena adanya enzim-enzim khusus yang dimiliki oleh mikroorganisme untuk memecah ikatan.
  • Pemecahan molekul kompleks menjadi molekul sederhana dengan tujuan mempermudah penyerapan oleh saluran cerna manusia, selain itu, mikroorganisme pemecah ini memperoleh keuntungan berupa energi yang diperoleh dari hasil perombakan molekul kompleks.

Cara kerja bakteri dalam tubuh manusia

  • Di dalam usus besar, probiotik mencerna serat makanan larut air melalui proses fermentasi menjadi asam lemak dengan rantai pendek, seperti asam butirat, propionat, dan asetat. Pertumbuhan bakteri positif yang menyehatkan juga menghambat pertumbuhan bakteri "jahat" dalam usus sehingga daya tahan usus meningkat. Juga mengurangi proses peradangan dan kerusakan selaput lendir usus. Faktor inilah yang dianggap mampu memperbaiki kondisi eksim atopik pada anak.
  • Asam butirat ini merupakan "makanan" utama sel-sel normal usus halus dan menghambat pertumbuhan sel-sel abnormal, seperti sel kanker, tumor serta sel-sel yang merugikan bagi kesehatan kita.
  • Asam butirat juga mampu berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu dengan cara menurunkan produksi kolesterol serta meredistribusikan kolesterol dari darah ke hati. Selain itu, terjadi juga peningkatan dekonjugasi asam empedu dengan akibat penyerapan asam empedu menjadi terganggu, dan lebih banyak dibuang melalui feces, sehingga lebih banyak kolesterol yang dipakai untuk menghasilkan asam empedu dan tidak terjadinya penumpukan lemak tak jenuh yang biasanya menumpuk dibawah kulit.
  • Bakteri positif juga berfungsi dapat mengaktifkan sel darah putih serta limpa yang bertanggung jawab terhadap sistem pertahanan atau immunitas tubuh manusia. Sehingga dengan meningkatnya sistem pertahanan tubuh dapat mencegah timbulnya tumor dan kanker.
Share this article :
Info Produk Probiotik, klik http://facebok.com/anakibusehat atau
hubungi admin: 0856 0152 3689‬

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Probiotik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger