Alasan Mengkonsumsi Probiotik

Sunday, July 20, 20140 comments

 Konsumsi Probiotik 
Konsumsi probiotik dalam menjaga kesehatan tubuh selama ini dipandang sebelah mata oleh para praktisi kesehatan, baik dokter maupun terapis pengobatan alternatif. Padahal keberadaan bakteri di dalam perut kita memiliki pengaruh besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, bahkan juga mempengaruhi kesehatan mental.

Terdapat 400 hingga 500 spesies bakteri yang mendiami sistem pencernaan, yang apabila dikeluarkan dan dihamparkan akan menutupi satu lapangan tenis. Bila ditimbang, bakteri yang ada dalam saluran pencernaan mencapai 1,3 kg. Dalam kondisi sehat, jumlah bakteri menguntung di dalam saluran pencernaan lebih banyak dibandingkan bakteri merugikan. Sebaliknya, ketika jumlah bakteri merugikan lebih banyak dibanding bakteri menguntungkan maka tubuh akan sakit yang dimulai dari tidak sehatnya saluran pencernaan.Saluran pencernaan yang tidak sehat dapat disehatkan dengan menaikkan jumlah bakteri menguntungkan di dalamnya. Caranya adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Sebab, probiotik mensuplai tubuh dengan bakteri-bakteri menguntungkan yang akan mengembalikan keseimbangan prosentase mikroba di saluran pencernaan.



Dengan saluran pencernaan yang kembali sehat, maka tubuh dapat sembuh dari banyak penyakit. Itu salah satu alasan kenapa kita harus mengkonsumsi probiotik secara teratur.Selain membantu menyehatkan saluran pencernaan, probiotik juga memiliki berbagai fungsi lain. Probiotik menstimulus reaksi sistem imun di seluruh tubuh, termasuk mengaktifkan Sel T (sel darah putih yang mencegah infeksi), untuk melawan segala unsur yang mengancam dan membahayakan tubuh. Untuk mencapai kondisi sehat, komposisi bakteri dalam tubuh kita minimalnya 85% harus berupa bakteri baik. Sisanya, boleh patogen.

Sebab, 2/3 lebih sistem imun bergantung pada keberadaan bakteri-bakteri baik ini. Ini alasan kedua mengapa kita musti mengkonsumsi probiotik secara teratur. Secara umum, setidaknya ada sepuluh alasan lain mengapa kita perlu mengkonsumsi probiotik setiap hari:
  • Probiotik meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah uji klinis yang melibatkan pasien dalam perawatan intensif membuktikan bahwaprobiotik hidup dapat mencegah multiple organ disfunction syndrome (MODS) yang merupakan penyebab nomor satu kematian pasien dalam perawatan intensif.
  • Probiotik meningkatkan kemampuan air susu ibu (ASI) dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak, bila dikonsumsi sebelum dan sesudah kehamilan. Bila menyusui tidak memungkinkan, probiotik dapat dicampurkan ke dalam susu formula bayi. Probiotik dapat menyembuhkan berbagai penyakit radang dalam usus.
  • Probiotik dapat mengatasi celiac disease dan gluten sensitivity.
  • Probiotik dapat meningkatkan kualitas pangan yang kita makan, juga dapat mencegah dampak buruk dari makanan olahan kimiawi miskin serat yang kita makan.
  • Probiotik mencegah terjadinya infeksi saluran pencernaan, sebab probiotik dapat menekan keberadaan bakteri jahat agar jumlahnya tidak melebihi 15%.
  • Probiotik dapat menyeimbangkan prosentase bakteri dalam usus, yang mana hal ini membantu memproduksi enzim dalam jumlah memadai untuk mencegah pertumbuhan kanker dan tumor.
  • Probiotik dalam jumlah cukup dapat mencegah kerusakan radiasi karena proses sinar X atau CT Scan pada usus.
  • Probiotik dapat mensuplai kembali bakteri menguntungkan yang habis karena penggunaan antibiotik.
  • Probiotik dapat mengatasi kasus hiperaktif dan autisme pada anak, karena probiotik dapat meredakan ketegangan syaraf, menenangkan, dan memperbaiki respon syaraf yang terganggu.
Dalam hal ini, probiotik bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik tapi juga kesehatan psikis.Probiotik bisa didapatkan dari makanan sehari-hari ataupun dari makanan suplemen khusus probiotik. Contoh makanan sehari-hari yang mengandung probiotik yaitu tempe, Dark coklat, susu kedelai, yoghurt, kimchi, dll.
Share this article :
Info Produk Probiotik, klik http://facebok.com/anakibusehat atau
hubungi admin: 0856 0152 3689‬

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Probiotik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger