Probiotik Cegah Berbagai Penyakit

Friday, July 18, 20140 comments

Probiotik Cegah Penyakit
Probiotik Cegah Penyakit
Probiotik merupakan bakteria yang bertindak membantu mengekalkan kesehatan dan tidak hanya membantu fungsi pencernaan tetapi juga membantu organisme yang berbahaya tidak muncul. Penggunaan probiotik terbukti mampu mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Menurut definisi yang digunanakan oleh Pertubuhan Kesehatan Sedunia (WHO), probiotik adalah mikro-organisme hidup yang apabila digunakan dalam jumlah mencukupi akan memberi manfaat kesehatan kepada mereka yang menggunakannya.

Kultur bakteria probiotik seperti lactobacillus dan bifidobacterium merupakan dua jenis bakteria baik atau bakteria bermanfaat yang paling dikenali. Kedua-duanya digunakan untuk membantu memantapkan semula flora perut yang dihasilkan secara semula jadi oleh badan. Probiotik juga boleh membantu menguatkan sistem imun badan untuk melawan berbagai penyakit. Probiotik yang berasal dari kata Greek yang artinya 'untuk kehidupan' dan digunakan sejak berabad-abad lamanya sebagai komponen awal bahan makanan kesehatan.

Istilah 'probiotik' mula diperkenalkan pada 1965 oleh Lily dan Stillwell apabila ia diperjelaskan sebagai faktor penggalak pertumbuhan yang dihasilkan oleh mikro organisme. Berbeda dengan antibiotik, probiotik didefinisikan sebagai faktor terbitan mikroba yang merangsang pertumbuhan mikro organisme lain. Secara umumn, probiotik terdapat pada dinding dalam saluran gastrousus. Ia dapat memperbaiki masalah usus seperti kembung, flatulen, masalah pencernaan dan sembelit yang disebabkan mikroflora usus yang tidak seimbang dengan mengeluarkan anti infektif protein untuk melawan patogen.

Pakar kesihatan menyarankan untuk menambahkan probiotik ke dalam makanan mereka. Ini kerana antibiotik menghilangkan semua bakteria, termasuk bakteria yang bermanfaat. Bakteria berbahaya dapat berkembang biak secara berlebihan dan membawa kepada masalah gastrousus. Bakteri probiotik yang sehat dapat menjauhkan patogen berbahaya dan memperbaiki keseimbangan mikroflora usus.

Bakteri probiotik ini bermanfaat untuk mengeluarkan toksin melalui usus dan tidak diserap ke dalam saluran darah. Selain itu, probiotik juga sebagai pengawal pertumbuhan patogen usus seperti salmonella, staphylococcus dan Candida albicans. Dan sangat penting kerena pertumbuhan patogen usus untuk melawan alergi, sakit kembung, sembelit dan gastritis.

Share this article :
Info Produk Probiotik, klik http://facebok.com/anakibusehat atau
hubungi admin: 0856 0152 3689‬

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Info Probiotik - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger